Friday, May 9, 2014

106 tahun bukanlah angka yang sedikit untuk di perjuangkan


Pastinya memperingati tanggal merah di kalender itu memiliki arti masing – masing nah tepat pada 20 Mei ini memperingati Hari Kebangkitan Nasional dimana tidak ada lagi penjajahan dari Belanda dan Jepang, karna bangkitnya rasa semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme untuk memperjuangkan Negara kita ini yaitu Republik Indonesia. Masa ini ditandai dengan adanya 2 peristiwa yaitu berdirinya Budi Oetomo tepat pada tanggal kebangkitan nasional itu sendiri 20 Mei 1908 dan Ikrar Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober 1928.

Salah satu para tokoh - tokoh yang mempelopori Kebangkitan Nasional itu sendiri yaitu :
1.  Sutomo
    Atau kerap di kenal dengan nama Bung Tomo seorang pahlawan yang terkenal karena perannya untuk membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajahan dari Belanda melalui tentara NICA, yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945 yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.






2. Ir.Soekarno
    Kalian pasti tau kan gambar di samping ini, yaitu Dr. Soekarno salah satu tokoh pahlawan yang menjadi Presiden Indonesia pertama kalinya (1945-1966). Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia bersama Mohammad Hatta. Soekarno adalah pertama kalinya mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.







3. Dr. Tjipto Mangunkusumo
    Atau di kenal Cipto Mangunkusumo, seorang tokoh pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia bersama Ernest Douwes Dekker & Ki Hajar Dewantara mereka di kenal dengan sebutan "Tiga Serangkai" yang banyak menyebarluaskan ide pemerintahan terhadap penjajahan Hindia Belanda.








4. Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (sejak 1922 menjadi Ki Hajar Dewantara)


Picture di samping pasti kalian tidak pernah perhatikan atau jarang melihatnya, padahal sering looh orang di samping ini muncul di salah satu mata uang rupiah, ayooo tebak di mata uang berapakah tokoh pahlawan di samping ini ????
Beliau adalah pelopor pendidikan kaum pribumi Indonesia dari jaman penjajahan Belanda. Ia mendirikan taman siswa, suatu lembaga pendidikan yang ingin berkesempatan rakyat pribumi yang jelata untuk bisa memperoleh ilmu pendidikan. Makanya tanggal lahir beliau di jadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional. 









5. Dr. Eduard Douwes Dekker
Dr. Douwes Dekker yang kita kenal dengan nama Multatuli, nama ini berasal dari bahasa latin yang berarti "Aku sudah menderita cukup banyak" atau "Aku sudah banyak menderita". Beliau juga merupakan nasionalisme yang berkulit putih karna keturunan dari Belanda.
     

Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

No comments: