Thursday, July 24, 2014

Pariwisata Alam di Kota Samarinda

Banyak sekali tempat pariwisata di Kota Samarinda yang wajib di kunjungi bila Anda datang ke Kota Samarinda tetapi sebagian tempat pariwisata hampir punah karna tidak terawat oleh si pengelola ataupun pengunjung yang datang tidak mentaati peraturan yang ada tapi saya bangga dengan adanya wisata ini :)


Air Terjun Pinang Seribu
            Air terjun ini terletak di Bayur, Sempaja Utara, berjarak ±40 Km dari pusat Kota Samarinda, kalian pengunjung/wisatawan jangan khawatir dan jangan menyesal, air terjun ini memiliki air yang jernih dan memasuki kawasan ini tidak menempuh jalan yang rusak.





Air Terjun Tanah Merah
Nah kalau air terjun yang satu ini terletak di Dusun Purwosari, Tanah Merah, berjarak ±20 Km dari pusat Kota Samarinda, sayangnya lingkungan sekitarnya tidak memadai seperti jalan yang menuju ke air terjun tanah merah rusak dan sesampai disana lingkungan sekitar air terjun ini tidak terawat oleh si pengelola.






Air Terjun Berambai

Lokasi air terjun berambai ini letaknya hampir sama dengan air terjun pinang seribu tapi agak jauh daripada pinang seribu tepatnya Batu Besaung, Sempaja Utara ±15 Km dari pusat Kota Samarinda. Nah untuk air terjun yang ini jangan khawatir airnya sangat jernih hanya saja yang menggunakan kendaraan roda 4 maupun roda 2 menuju jalanan ini sangat exstrime sehingga pengunjung/wisatawan untuk berkunjung kesana sangatlah hati-hati.










Bendungan Benanga
Bendungan ini merupakan salah satu objek wisata juga yang terletak di Lempake yang berjarak sekitar ±10 Km dari pusat Kota Samarinda selain objek wisata bendungan ini menampung air irigasi sawah dan juga penampungan air Kota Samarinda. Waduk ini di bangun pada tahun 1977 ini pernah jebol pada tahun 2008 dan mengakibatkan banjir bandang di Samarinda, dengan luas tangkapan air sekitar ±195 km2.





Kebun Raya Unmul Samarinda
Kebun Raya Unmul Samarinda merupakan objek wisata favorite Kota Samarinda, objek wisata yang satu ini memiliki fasilitas koleksi binatang purba, rekreasi anak-anak, atau pun outbound buat para pecinta alam. Menuju kebun raya ini tidak sangat jauh dari pusat kota ±15 Km dari pusat kota. Kebun raya ini terletak sebelum air terjun tanah merah maupun sebelum desa Pampang.

Tepian Mahakam

Mahakam merupakan nama sebuah sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar. Sungai dengan panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir. Nah mungkin karna kita lagi di Samarinda jadi nemunya Cuma pinggirannya, dan masyarakat Samarinda serta menyebutnya dengan “Tepian”. Nah ditepian ini banyak di gunakan sebagai tempat nongkrong dan beberapa masyarakat menggunakannya seaegai tempat berjualan.

Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

No comments: