Thursday, July 31, 2014

Wisata Religi atau Tempat Ibadah yang Terkenal di Kota Samarinda

Masjid Islamic Center


            Masjid ini terletak di Teluk Lerong atau yang kita kenal dengan tepian, masjid ini merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal di Jakarta.

Masjid Shiratal Mustaqiem

            Masjid ini terletak di Teluk Lerong atau yang kita kenal dengan tepian, masjid ini merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid ini mulai dibangun pada tanggal 5 Juli 2001 yang ditandai dengan penekanan tombol pemancangan tiang pertama oleh Presiden RI ke-5, Megawati Soekarno Putri. Setelah melalui proses pembangunan selama kurang lebih 7 tahun, masjid ini akhirnya diresmikan oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudoyono pada tanggal 16 juni 2008.


            Secara keseluruhan, komplek Masjid Islamic Center menempati area seluas kurang lebih 8 hektar. Bangunan utama masjid ini memiliki luas sekitar 43.500 m2, sedangkan bangunan penunjangnya seluas 7.115 m­2. Bangunan utama terdiri dari beberapa bagian yaitu lantai basement seluas 10.235 m­2, lantai dasar seluas 10.270 m­2, lantai utama seluas 8.185 m­2, serta lantai mezanin (balkon) seluas 5.290 m­2.

            Masjid Islamic Center Samarinda juga dilengkapi 7 buah menara, salah satu di antaranya adalah menara utama yang tingginya mencapai 99 meter. Menara utama ini terdiri dari 15 lantai dan setiap lantai memiliki tinggi rata-rata 6 meter. Sementara 4 menara lainnya yang terletak di setiap sudut masjid masing-masing memiliki tinggi 70 meter. Adapun 2 menara lainnnya yang terletak di kedua sisi pintu gerbang masuk masjid masing-masing setinggi 57 meter.


Masjid Raya Darussalam

            Dan masjid ini pun dikatakan masjid terbesar kedua di Kalimantan Timur setelah Islamic Center yang tepatnya berada di samping Pasar Pagi. Ciri – ciri dari masjid ini dapat dilihat kalau berkunjung ke samarinda melalui Jembatan Mahakam yang memiliki kubah besar warna hijau. 1 kubah besar dan beberapa kubah kecil yang mendampingin kubah besar dan memiliki 4 buah menara.


Vihara Eka Dharma Manggala

Vihara Eka Dharma manggala  terletak di Jalan Sebulus Salam RT.30 RW.12, Samarinda. Vihara ini merupakan tempat ibadah bagi yang beragama Buddha. Vihara ini memiliki desain bangunan yang lumayan megah, tempatnya yang sejuk dan tenang. Di tempat Ibadah ini memiliki banyak aturan , seperti pada pintu masuk tempat ibadah yang berbeda untuk jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Untuk laki-laki pintu masuknya terdapat pada pintu bagian sebelah kanan dan untuk peremuan terdapat pada pintu bagian sebelah kanan. Dan untuk keluar setelah ibadah pun juga seperti itu. Tempat ibadah ini memiliki 3 lantai atau tingkat.
Di dalam vihara ini juga terdapat banyak sekali patung-patung Nabi atau Dewa mereka. Bangunan Vihara ini mengadopsi bangunan Vihara yang ada di Taiwan. Barang-barang material bangunannya pun rata-rata dikirim langsung dari Taiwan termasuk Batu Giok yang ada di Tempat Ibadah ini.


Pura Jagat Hita Karana

Lokasi Pura Jagat Hita Karana yang digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu.
Terletak di Jalan Sentosa. Sejarah awal rencana pembangunan 1980 oleh 20 orang dari prajurit anggota polisi angkatan 1966, selesai pembangunan Pura 1985 dan di resmikan oleh pendeta Bali 5 Oktober 1985, Pura mengalami 3 kali renovasi. Tempat Widya Sasana, struktur Pura Jagar Hita Karana ini terbagi menjadi 3 bagian, bagian atas adalah utama Mandala (untuk kegiatan agama), bagian kedua adalah Madya Mandala (sekolah, sanggar tari, dan latihan musik), dan bagian ketiga Nista Mandala (untuk tempat parkir, sekretariat, tempat hiburan, dan perpusatakaan).
Pintu masuk bagian pertama dibuat hanya untuk 1 orang yang bermaksud untuk hidup kita setelah di alam baka yang hanya berdiri sendiri.


Gereja Katolik Santa Maria

Paroki Katedral Samarinda adalah paroki yang terletak di tengah di kota Samarinda, berada dalam Keuskupan Agung Samarinda. Uskup Agung Samarinda pada liturgi Paskah dan Natal memimpin misa di Gereja Katedral Santa Maria Penolong Senantiasa di paroki ini.
Untuk kota Samarinda terdapat tiga paroki yang melayani umat, selain paroki ini juga terdapat Paroki Santo Lukas Temindung untuk melayani umat di daerah utara kota Samarinda dan Paroki Hati Kudus Yesus di Samarinda Seberang untuk melayani umat di daerah selatan kota Samarinda. Paroki Katedral Samarinda juga menaungi beberapa stasi yang terletak di sekitar kota Samarinda yang masuk ke wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kelenteng Thien Le Kong


Kelenteng Thien Ie Kong yang berada di Samarinda di Jl. Yos Sudarso sebrangan dengan pelabuhan di Samarinda dan dibangun sejak jaman penjajahan Belanda termasuk menjadi  salah satu Cagar Budaya Kaltim yang perlu dilestarikan karena telah berusia 107 tahun. Bangunan yang berdiri sejak tahun 1905 tersebut masih berdiri kokoh walaupun pernah hampir terkena  bom Jepang yang dijatuhkan untuk menghancurkan pabrik pengolahan minyak goreng yang berada dibelakang kelenteng.

Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

No comments: