Thursday, August 7, 2014

Jembatan yang Menghiasi Kota Samarinda

Jembatan Mahakam
          
Jembatan Mahkota 1 atau kerap kita sering sebut Jembatan Mahakam yang dibangun di atas perairan Sungai Mahakam yang menghubungkan kawasan Samarinda Kota dengan kecamatan Samarinda Seberang. Jembatan ini sangat sering di lewati oleh kendaraan dari dan menuju luar Kota Samarinda. Jembatan ini dibangun pada tahun 1987 dan di resmikan oleh Presiden Soeharto, wah lumayan lama juga ya jembatan ini dibangunya.
            Dan sekarang pun jembatan ini akan ditambah lagi, tepat di samping Jembatan Mahakam ini yang bernama Jembatan Kembar, ini dia plannya …..


Jembatan Mahulu

          Jembatan ini menghubungkan antara Samarinda Kota atau tepatnya Loa Bakung dan Loa Janan Ilir, yah Jembatan Mahulu ini sama saja pengganti Jembatan Mahakam, jika Jembatan Mahakam maka kendaraan roda 4 ataupun truk-truk di alihkan ke Jembatan ini, hanya saja jembatan ini lebih jauh ketimbang Jembatan Mahakam, makanya sering macet kalau lewat Jembatan Mahakam karna kendaraan banyak yang melewati Jembatan Mahakam tersebut.

Jembatan Mahkota 2

          Sayangnya Jembatan Mahkota 2 ini belum juga kunjung selesai, padahal PON 2008 lalu harusnya Jembatan ini haruslah jadi, tetapi dikarenakan anggaran yang kurang atau entahlah malah Jembatan Mahulu yang duluan selesai. Jembatan ini menghubungkan Kota Samarinda tepatnya Sambutan dengan Kecamatan Palaran Seberang. Jembatan ini juga buat lintasan yang masih  katanya di buat jalan tol antara Kota Balikpapan – Kota Samarinda – Kota Bontang, yang masih katanya loh hehe


Jembatan Satu
          Jembatan ini berdiri di atas anak sungai Mahakam yang di namankan sungai Karang Mumus, tepatnya berada di samping Kelenteng Thien Le Kong atau dekat dengan Pelabuhan Samarinda. Jembatan ini menuju Jl. Selili atau bisa juga ke Tempat Pelelangan Ikan Samarinda.

Jembatan Sei Dama

          Jembatan ini juga berada di atas anak Sungai Mahakam yaitu Sungai Karang Mumus. Jembatan ini menuju Sambutan, Jembatan ini sering macet karna ada pasar ataupun padat rumah penduduk di kawasan Sei Dama.

Jembatan Arif Rahman Hakim

          Jembatan ini berada di atas Sungai Karang Mumus juga tepatnya di Jl. Arif Rahman Hakim.

Jembatan Kehewanan

          Nah dulu Jembatan ini dinamakan Jembatan Kayu seperti gambar diatas, serem banget kan dulu Jembatan itu, semenjak tahun 2014 ini Jembatan sudah di renovasi seperti gambar di bawah ini. Jembatan ini menghubungkan Kelurahan Sungai Pinang Luar dengan Kelurahan Sidomulyo.


Jembatan Lambung

          Jembatan ini juga hampir macet setiap pagi dikarenakan padat penduduk di Jl. Lambung itu ataupun ada pasar Rahmat.

Jembatan Baru

          Entahlah kenapa Jembatan ini dinamakan Jembatan Baru, mungkin saja Jembatan ini lebih baru ketimbang Jembatan lainnya. jembatan ini juga macet setiap sepulang kantor ataupun jam makan siang, gak tau juga kenapa Jembatan ini sering macet, masih gak ngerti juga penyebab kemacetanya. Jembatan ini menghubungkan antara Jl. Agus Salim dengan Jl. Gatot Subroto.

Berkomentar dengan
atau
silahkan tentukan pilihan sobat!

No comments: